Welcome

Selamat Datang di blog untuk Belajar dan Hiburan. Semoga anda bisa mendapatkan apa yang anda inginkan dan jangan lupa sampaikan pesan bila terdapat kekurangan. Orang yang mau ikhlas membaca, maka ia akan mendapat ilmu yang bermanfaat dan pahala yang berlipat. Tolong sebarkan pula link ini kepada sahabat-sahabat kalian, dan tak perlu di rahasiakan karna berbagi itu indah. Tempat yang indah untuk berbagi adalah melalui internet, dan untuk kemajuan kami, tolong tinggalkan pesan di kolom komentar agar anda betah dan tak bosan dengan blog yang sederhana ini. Selamat menjelajah dan Terimakasih...

Saturday, October 15, 2016

Merawat elektronik karna tegangan PLN tidak stabil

Sekedar share semoga bermanfaat terutama untuk pekerja kantor. Tegangan PLN yg ke rumah/kantor itu tidak stabil, jadi kalau punya alat elektronik yg kabel powernya bisa dilepas (laptop, komputer, printer, hp, dll) atau ber adaptor apabila ingin dihubungkan listrik jangan langsung ditancapkan ke barang dulu lalu ke stop kontak (bahasa gaulnya : colokan listrik).
Contohnya saya mau recharge laptop, pertama saya hubungkan dulu charge AC (colokan yg masuk stop kontak/lubang colokan). Lalu tunggu sekitar 5-10 detik. Jangan ditancapkan ke laptop dulu, karna proses pemstabilan tegangan. Semakin lama nunggunya semakin stabil (ngga sampai 1 menit sudah stabil). Setelah itu saya tancapkan power recharge ke latop. Banyak yg bilang kelamaan, tapi pilih mana untuk perangkat kalian, lama dikit tapi umur panjang apa cepet tapi cepet rusak.
Sekarang buktinya, kalau saya tancapkan ke laptop dulu lalu ke stop kontak, biasanya di stop kontak itu ada percikan api kecil. Dan contoh lainnya tidak kelihatan krna harus diukur dengan ampere meter/volt meter. Ini ilmiah terjadi, tidak hanya ke komponen kecil tp arus kuat pun juga begitu (contohnya kulkas, pompa air, motor listrik, dll) karna terjadi kontak baru, yg menghubungkan antar komponen. tegangan dan arus pada awal kontak itu disebut tegangan start (v awal) dan arus start (I awal).
Resiko kerusakan yang terjadi bila dihubungkan langsung biasanya kerusakan pd power suply (laptop/CPU) , resistor penahan arus (printer dan komponen lain), IC pda komponen elektronik, dan lain-lain.
Kalau mau membuktikan, silahkan coba sendiri beli 2 barang yang sama, lakukan perawatan dengan 2 metode yang berbeda diatas.
Semoga membantu ;-)